Senin, 21 Juli 2014

Ilmuwan Temukan Planet Baru Mirip Bumi dan Matahari



Ilmuwan Temukan Planet Baru Mirip Bumi dan Matahari ilmuwan temukan planet baru bernama OGLE-2013-BLG-0341LBb (Foto : Softpedia) OHIO - Tim peneliti yang dipimpin oleh Andrew Gould dengan The Ohio State University di Amerika Serikat mengumumkan sebuah penemuan sebuah planet baru. Planet itu dikenal oleh komunitas ilmiah sebagai OGLE-2013-BLG-0341LBb.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan oleh jurnal sains, para penggemar ruang angkasa yang menemukan detil planet ini mengatakan, planet baru itu terletak pada jarak sekitar 3.000 tahun cahaya dari Bumi.

Berat dari planet ini mencapai dua kali lipat bumi, tetapi sayangnya peneliti mengatakan benda angkasa tersebut tidak dapat dijadikan destinasi untuk liburan yang selanjutnya, karena tidak mendukung adanya kehidupan.

Sebagaimana yang tertulis dalam jurnal tersebut, jarak antara OGLE-2013-BLG-0341LBb dan bintang orbit lainnya kira-kira sama dengan antara planet kita dan Matahari. Perbedaannya adalah, berbeda dengan matahari, bintang yang menjadi pusat orbit itu lebih redup.

Fakta ini menunjukan bahwa, kedekatan antara satu planet dengan bintang pusat orbitnya, tidak mencerminkan bahwa planet itu akan hangat. Planet baru tersebut dikatakan memiliki tingkat suhu yang lebih dingin dari Jupiter seperti dikutip melalui laman Softpedia, Senin (7/7/2014).
(amr)

0 komentar:

Posting Komentar