Senin, 21 Juli 2014

Ilmuwan Temukan Fosil Tapir Pasca Kepunahan Dinosaurus

Ilmuwan Temukan Fosil Tapir Pasca Kepunahan DinosaurusOTTAWA - Ilmuwan mengatakan telah menemukan sisa-sisa fosil landak dan tapir yang berkeliaran di Bumi pada 52 juta tahun lalu. Fosil tersebut berhasil ditemukan setelah melakukan penggalian di British Columbia, Kanada.

Dalam sebuah makalah di Journal of Vertebrate Paleontology, para peneliti yang menemukan dan menganalis sisa-sisa dari makhluk-makhluk tersebut, menjelaskan bahwa spesies itu baru saja ditemukan. Mereka telah tinggal selama satu periode terpanas di bumi, setelah kepunahan dinosaurus.

Spesies jenis landak yang baru diidentifikasi, sekarang dikenal dengan nama Silvacola Acares. Spesies ini memiliki panjang tubuh rata-rata 2 sampai 2,5 inci (5 – 6,3 cm).

Sedangkan spesies tapir kuno dijuluki dengan nama Heptodon. Dr Jarlyn Eberle menjelaskan bahwa ukuran dari Heptodon kira-kira setengah ukuran dari tapir di zaman sekarang.

“Dilihat dari giginya, mereka mungkin adalah  hewan pemakan daun yang cocok dengan lingkungan hutan hujan,” ucap peneliti dari University of Colorado seperti dikutip Softpedia, Kamis (10/7/2014).

Peneliti juga mengatakan bahwa ada hal yang cukup menarik selama mengadakan penelitian di situs tersebut.

“Semenjak kami mengekplorasi tempat ini sampai sekarang, kami belum menemukan sisa-sisa dari mamalia lainnya selain Silvacola acares dan Heptodon,” demikian peneliti.

0 komentar:

Posting Komentar