Kamis, 10 April 2014

Kuasai Skill Ini untuk Profesimu!



UKM Student English Forum Unsoed menggelar pelatihan public speaking bagi anggotanya. (Foto: dok. Unsoed) UKM Student English Forum Unsoed menggelar pelatihan public speaking bagi anggotanya. (Foto: dok. Unsoed) JAKARTA - Bekerja di bidang apa pun, suatu saat kita pasti akan menemui momen untuk berbicara di depan orang banyak. Minimal, untuk mempresentasikan program kerja di hadapan divisi lain. 

Tapi momen itu bisa jadi berantakan kalau kita enggak memiliki modal skill-nya. Kemampuan itu disebut public speaking alias berbicara di depan umum.

Untuk menjadi seorang pembawa berita, misalnya, kita enggak hanya dituntut berwawasan luas agar menguasai materi pemberitaan. Dalam English Skill Exploration (ESE) untuk pengurus UKM  Student English Forum (SEF) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), praktisi televisi Ria Sakti Unggul, menjelaskan, kemampuan utama lainnya adalah public speaking.

Seorang pembawa berita juga harus mampu mengembangkan informasi, mengetahui berita yang etis untuk masyarakat, dan mengatur waktu ketika membawakan sebuah berita.

"Ketika seorang pembawa berita tampil di depan kamera sebaiknya dia memperhatikan kontak mata, ekspresi dan posisi tubuh," ujar Ria seperti dilansir laman Unsoed, Rabu (9/4/2014).

Kemampuan public speaking juga diterapkan pada kegiatan pidato. Seperti saran Ria, Manajer SPEC Purwokerto Ari Suryani mengingatkan, seseorang yang berpidato harus menyampaikan argumennya sebaik mungkin agar mudah dicerna oleh pendengar. Dia juga harus memperhatikan sikap badan maupun tampilan, kontak mata kepada pendengar, dan hal-hal penting lainnya.

Beda halnya dalam kegiatan story telling atau mendongeng. Consultative Board SEF Irene Ingret memberikan tips berbekal pengetahuan dan pengalamannya dalam berbagai lomba.

"Dalam storytelling atau mendongeng, yang penting adalah bagaimana kita menciptakan ketertarikan pendengar dan dengan mudah pendengar dapat mengimajinasikan apa yang diceritakan oleh seorang storyteller," ucap mahasiswi Fakultas Kedokteran angkatan 2010 itu.

ESE merupakan salah satu program kerja dari Talent Development Department (TDD) SEF Unsoed. Koordinator TDD, Ita Apriliani, berharap, usai diadakan acara tersebut, kemampuan pengurus untuk public speaking pengurus dapat meningkat dan dapat melahirkan penyiar berita dan storyteller baru di lingkungan Unsoed. (rfa)

0 komentar:

Posting Komentar